Home » » Pertolongan Pertama Pada Saat Cidera

Pertolongan Pertama Pada Saat Cidera

Bayangkan jika pada saat berolahraga Teman Anda tersungkur di tengah lapangan sambil memegangi kaki karena cidera. Apa yang akan Anda lakukan?

Ini ada tips untuk menangani cidera pada saat Berolahraga :
  •  Kenali cideranya
Tuntutan pertama Anda adalah kenali jenis cidera teman Anda.    Apakah mungkin dia terkena patah tulang? Patah tulang biasanya ditandai dengan bentuk tubuh yang berubah, serta sakit apabila digerakan. Bila teman Anda terkena patah tulang, segera—kami ulangi, segera—cari bantuan medis.

Bila cidera teman Anda adalah akibat terpukul hingga lebam, misalnya, atau keseleo di pergelangan tangan dan/atau mata kaki, Anda bisa membantu mempercepat kesembuhannya. Kuncinya dua: kecepatan penanganan, serta pertolongan pertama yang tepat.
  • Lakukan pertolongan pertama (P.R.I.C.E.) Protection
Ketika kecelakaan terjadi, hentikan kegiatan olahraga. Segera ungsikan korban ke tempat yang aman, serta jauhkan korban dari risiko benturan.
  • Rest
Istirahatkan bagian yang cidera, usahakan agar tidak banyak bergerak.
  • Ice
Aplikasikan cold pack atau es batu yang digerus (dalam kantong) ke sekitar area yang terkena cidera. Usahakan agar es tidak kontak langsung dengan luka (bila terjadi luka), dan jangan tempelkan es ke kulit lebih dari 15 menit. Es dapat mengurangi rasa sakit serta menghambat aliran darah ke area yang terluka sehingga mencegah pembengkakan terlalu parah.
  • Compression
Bebat dengan plester/perban di sekeliling area yang membengkak. Bila denyut nadi di daerah tersebut sampai teraba oleh tangan, longgarkan sedikit ikatannya. Pembebatan dapat mencegah luka membengkak, juga untuk mengurangi rasa sakit.
  • Elevation
Naikkan daerah yang cidera hingga lebih tinggi dari jantung, bila memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk memperlambat aliran darah ke area yang cidera. Bila cidera terjadi di mata kaki, misalnya, rebahkan korban dan sangga kakinya dengan satu atau dua bantal.
  • Setelah pertolongan pertama
Bila semua berjalan lancar, proses pemulihan akan berlangsung selama sehari hingga dua hari. Setelah daerah yang terkena cidera tampak membaik, Anda sudah bisa kembali berolahraga. Namun, mulailah dengan intensitas rendah, kemudian perlahan-lahan menaik. Perlu diperhatikan, jika tanda-tanda perbaikan tidak juga muncul setelah 48 jam, segera hubungi dokter.

Jadi, sekarang Anda sudah siap menjadi “penolong” di lapangan olahraga, bukan?
Berahati-hatilah dalam berolahraga, lakukan pemanasan sebelum berolahraga, biar otot-otot tidak kaget saat berolahraga.

Referency
Quinn, E. 2008. Fracture – Broken Bone – Diagnosis and Treatment.
Pertolongan Pertama Pada Saat Cidera
By
Published:
Rating Artikel : 5
Jumlah Voting : 666 Orang Total time:

Thangs For Reading : Pertolongan Pertama Pada Saat Cidera

2 comments:

  1. salam kenal, admin..

    Artikel yang menarik sekali...

    Kalau boleh tau ada.kah beberapa model & jenis baju senam yang dapat menyebabkan cidera saat berolahraga?

    thnks BGT buat jawabany n sukses selalu :)

    BalasHapus
  2. Sebelmnya maksh atas kunjungannya,. :)
    Tergantung jenis olahraga yang kita jalani,.kalau senam otomatis bajunya mesti ketat tapi elastis. boleh longgar tapi jangan kegedean ntar gak bs leluasa bergerak,nanti bisa keseleo N cidera

    BalasHapus

Visitor



Translate